perangkat dan aksesoris

Minggu, 12 September 2010

1.Mouse
Saran carilah mouse optic dengan konektor penghubung ke komputer menggunakan USB.
mouse
2.Keyboard
Adalah papan yang menyediakan tuts huruf dan karakter sebagai pengganti mesin ketik. Jika Anda memilih keyboard carilah keyboard yang nyaman dipakai dan tidak mudah rusak, contohnya merk A4tech, bentuknya yang fokus ke satu arah ditengah, dan pijatan tuts yang enak membuat betah berlama-lama mengetikan karakter.
keyboard
3.Speaker
Adalah alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari perangkat software di komputer, pada perangkat komputer juga terdapat speaker kecil di sebelah motherboard (speaker untuk proses motherboard). tapi yang dimaksud penulis adalah speaker diluar motherboard yang ditambahkan sendiri oleh pengguna. salah satu merk yang sering penulis gunakan adalah merk Simbadda suaranya cukup bagus dan harganya relatif murah.
speaker
4.Monitor
Monitor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mempresentasikan kerja komputer, software komputer, hasil olahan software komputer ke layar. sebuah monitor sekarang ini bermacam-macam ada yang LCD dan ada juga yang tabung CRT (bentuknya seperti TV).  Saran dari penulis gunakanlah monitor dengan perangkat LCD karena radiasi yang datang ke mata relatif lebih kecil dan hal ini yang menyebabkan mata tidak mudah capek, ataupun betah berlama-lama, Anda cukup beruntung jika menggunakan laptop karena laptop sudah menggunakan layar LCD.
monitor
5.Casing
Adalah sebuah tabung yang berbentuk tower atau balok berdiri, ada juga yang berbentuk tidur, yang difungsikan sebagai tempat untuk menempatkan berbagai perangkat hardware lainnya, sebagai contoh untuk meletakkan motherboard, untuk meletakkan CDROM, DVD ROM, Floppy Disk. USB dll.
Pilihlah jenis casing yang sesuai dengan tempat yang tersedia. Berikut model casing tower atau posisi berdiri.
casing
6.MotherBoard
Adalah perangkat utama dari sebuah komputer, motherboard adalah sirkuit elektronik yang memproses kerja sebuah komputer, Motherboard berisikan CPU (Central processing unit) yang merupakan otak dari komputer, di Motherboard juga terdapat slot expansi (PCI,AGP,PCI Express), juga terdapat interface USB, LAN CARD, input output speaker, dll.
Pilihlah motherboard dengan teknlogi terbaru.
motherboard
7.Power Supply
Adalah perangkat yang berfungsi memberikan asupan arus daya DC ke dalam Motherboard, power supply terleteak didalm casing. Pilihlah power supply dengan merk ternama yang mempunyai reputasi terbaik. jika tidak motherboard Anda akan cepat rusak.
powersupply
8.Stavolt
Adalah perangkat yang digunakan untuk menstabilkan tegangan listrik, jika  tegangan listrik dirumah Anda naik turun maka wajib menggunakan stavolt agar perangkat komputer Anda tidak mengalami kerusakan.
stavolt
9.Hardisk
Adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data, dalam hardisk terdapat sebuah piringan besi yang berfungsi menyimpan data. Hardisk termasuk dalam perangkat non-volatile jadi jika listrik mati data tetap disimpan di dalam hardisk.
Jenis-jenis hardisk yang paling sering digunakan di Indonesia di antaranya:
Hardisk IDE:
Adalah hardisk yang digunakan oleh komputer rumahan, atau komputer desktop biasa, atau juga seringa pada hardisk laptop.
hardisk-ide
hardisk-ide21
Hardisk SATA
Digunakan untuk hardisk pada server.
hardisk-sata
hardisk-sata2
Hardisk SCSI
hardisk-scsi
hardisk-scsi2
Cara bacanya skasi, adalah hardisk yang biasanya digunakan untuk server, misal server proxy.
Hardisk External
hardisk-eksternal
Adalah hardisk yang terletak diluar dari cassing, hardisk ini relatif praktis karena dapat dibawa kemana-mana, untuk menghubungkan ke komputer menggunakan perangkat kabel USB.
10.USB Flash Disk
Flash disk adalah perangkat penyimpan berkapasitas realtif besar, fungsi dari flash disk ini menggantikan fungsi dari disket.  kapasitas penyimpanan flash disk berkisar diantara 1 giga- 4 giga, dan kapasitas penyimpanan akan semakin besar perkembangan kedepannya.
flashdisk
11.CD-ROM,DVD-ROM,CD-RW, DVD-RW
Perangkat yang digunakan untuk membaca kepingan Compact Dist (CD) diperlukan alat yang dinamakan CD ROM, untuk membaca kepingan DVD diperlukan alat yang dinamakan DVD-ROM, Untuk menulis data ke dalam bentuk kepingan CD diperlukan alat dengan nama CD-RW, untuk menulis data ke kepingan DVD diperlukan alat DVD-RW.
Pada umumnya orang-orang menyebutkan DVD combo, atau DVD-ROM,CD RW yang artinya bisa membaca kepingan DVD , dan CD dan dapat menulis data ke dalam kepingan CD,VCD.
Bentuk dari CD-ROM,DVD-ROM, CD-RW, DVD-RW hampir sama secara fisik, seperti tampak di bawah ini:
cdrom112.Kepingan CD-DVD
Adalah media penyimpanan dalam bentuk kepingann piringan yang mengkilap, terbuat dari bahan sejenis plastik.
CD dan DVD biasanya digunakan untuk menyimpan data musik, data film, data informasi dll. Kelemahan dari media ini tidak bisa di tulis berulang-ulang seperti halnya flask disk, dan jika ada pun terbatas untuk ditulis ulang, seperti pada perangkat CD-RW yang artinya data dapat ditulis berulang-ulang, kalau tidak salah ingat hanya sampai 12 kali penulisan ulang setelah itu kepingan akan rusak.
cd
cd2
13.Printer
Adalah alat yang digunakan untuk mencetak sebuah data ke dalam kertas. Beberapa jenis printer menggunakan tinta dengan isi ulang menyuntikkannya ke catride, tetapi jenis lainnya juga ada metode infus tabung, tinta ada 4 warna dan terletak diluar printer.



printer

(lintoherlambang)

0 komentar: