turunkan berat badan

Senin, 15 November 2010

PRAKTIS TURUN KAN BERAT BADAN 

Inti dari menurunkan berat badan itu adalah mengurangi intake (masukan) dan memperbanyak outake (keluaran).


Contoh mengurangi intake, yaitu :
1. Mengurangi porsi makan.
Dianjurkan pengurangan porsi ini dilakukan secara bertahap, jika dilakukan langsung dan secara tiba-tiba, maka tubuh akan "kaget" dan kita malah jadi mudah merasa lapar. Pengurangan porsi makan ini terutama untuk makanan (ataupun minuman) yang mengandung karbohidrat dan lemak).

2. Mengurangi konsumsi makanan - minuman.
Apalagi yang banyak mengandung lemak dan karbohidrat (karena dalam jumlah yang banyak kedua jenis makanan itu cenderung akan disimpan dalam tubuh ==> makanya tubuh bisa jadi gemuk). Kompensasi dari pengurangan ini adalah memperbanyak makanan - minuman mengandung protein, yang merupakan faktor penting dalam metabolisme dari karbohidrat dan lemak tadi. Tubuh tetap bisa menghasilkan energi walau karbohidrat dan lemak sedikit dikonsumsi.

3. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran.
Karena kedua jenis makanan ini banyak mengandung vitamin, mineral dan serat-serat alami yang jelas-jelas tidak akan ada bentuk simpanannya.

4. Cukupkan minum air putih.
Air putih ini merupakan katalisator terjadinya metabolisme.. jadi jika air putih cukup, maka metabolisme tubuh kita bisa maksimal.


Contoh mengeluarkan outake, yaitu :

1. Olah raga.
Hal ini sudah jelas, karena prinsip dari olah raga adalah pembakaran kalori yang dihasilkan dari metabolisme tubuh. Dianjurkan dilakukan teratur dan seimbang, agar penurunan berat badan lebih tampak. Dianjurkan juga olah raga yang teratur itum karena itu berarti perombakan jaringan lemak dan karbohidrat dibawah kulit menjadi jaringan otot yang kokoh. Tubuh yang terbentuk otot-ototnya akan tampak lebih baik daripada tubuh yang tampak "longgar" akibat timbunan lemak. Contoh olah raga yang tidak terlalu berat yang bisa dipilih, misalnya: jalan kaki, jogging, bersepeda, skipping, ataupun senam. Intinya, sesederhana apa pun olah raga yang dipilih, asal gerakan-gerakannya berarti.

2. Lancarkan sistem pencernaan.
Dengan cara banyak makan sayur-sayuran berserat tinggi, sehingga sistem pembuangan pun akan ikut lancar. Yang namanya sistem pembuangan tidak lancar itu berarti yang masuk dan disimpan lebih banyak dari yang dibuang, makanya tak heran orang-orang yang lancar sistem pencernaannya akan cenderung lebih kurus dari yang tidak lancar.

3. Beraktivitas cukup dan tidak bermalas-malas.
Metabolisme merupakan kompensasi yang dilakukan tubuh untuk memenuhi kebutuhan energi untuk melakukan aktivitasnya. Jika tubuh tidak aktif atau bermalas-malasan, maka tubuhpun melakukan penyesuaian dengan tidak terlalu mengaktifkan proses metabolisme. Kalau metabolisme tidak aktif, maka bahan-bahan seperti karbohidrat (monosakarida) dan lemak (asam lemak) akan lebih banyak dirubah menjadi bentuk simpanannya dan disimpan dalam bentuk daging dan jaringan lemak

0 komentar: